Jika KAMI Gerakan Moral, Harusnya Kedepankan Etika dan Tidak Gaduh

JAKARTA – Kepala Bidang Organisasi dan Keanggotaan Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila, Gunung Hutapea menyinggung Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang diinisiasi oleh Gatot Nurmantyo dan Din Syamsuddin itu.

 

Menurutnya, jika memang KAMI adalah gerakan moral, seharusnya cara-cara apapun yang dilakukan harus mengedepankan etika dan moralitas, bukan dengan cara ugal-ugalan dan melanggar aturan. Apalagi di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini.

 

“Karena namanya gerakan moral tentu sebaiknya perwujudannya perlu juga mengedepankan etika dan moral itu sendiri,” kata Gunung, Kamis (10/9/2020).

 

“Jangan sampai kemurnian gerakan moral itu ternodai dengan cara yang gaduh, melanggar aturan apalagi tendensius,” imbuhnya.

 

Gunung juga menilai bahwa saat ini masyarakat Indonesia sudah cerdas dan bisa melihat mana yang murni gerakan moral dan mana yang pura-pura bermoral padahal ada agenda politik terselubung di dalamnya.

 

“Karena masyarkat dapat menilai apakah gerakan itu murni atau memiliki agenda yang justru tidak sejalan dengan gerakan moral itu sendiri,” ujarnya.

 

Dan ia yakin, jika memang KAMI murni gerakan moral, ia yakin akan banyak yang mendukung. Begitu pun sebaliknya, jika gerakan ini ada agenda terselubung yang dilakukan oleh para elitenya atau pihak lain yang menjadi donatur dari gerakan tersebut, tentu banyak rakyat akan abai bahkan menolaknya.

 

“Manakala ada agenda terselubung dibalik teriakan gerakan moral dimaksud, masyarakat tidak akan mungkin mendukung,” sambung Gunung.

 

Terakhir, Gunung tetap memberikan pesan kepada masyarakat Indonesia secara luas agar tetap kritis dan melihat segala hal dengan akal sehat dan rasionalitas yang baik. Sehingga tidak malah menjadi pengikut yang ternyata hanya sekedar dimanfaatkan oleh elite tertentu.

 

“Masyarakat sudah cerdas menilai setiap langkah, setiap gerak gerik dan ucapan dari orang orang, apalagi orang yang pernah ikut berkuasa,” tandasnya.

 

“Orang bijak selalu melakukan yang baik dengan cara yang baik,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *