Jokowi Fokus Bahas Penanganan dan Pemulihan Dampak Covid-19 di KTT ASEAN Virtual

JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN ke-36 secara virtual. Konferensi kali ini dipimpin Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc selaku Ketua ASEAN untuk 2020 dan dihadiri semua pemimpin ASEAN.

 

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan, dalam pertemuan itu Jokowi berbicara mengenai dua tantangan besar yang dihadapi ASEAN dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Presiden RI dalam statement nasionalnya antara lain mengatakan bahwa dunia termasuk negara-negara di kawasan ASEAN saat ini tengah menghadapi dua tantangan besar yaitu penanganan Covid-19 dan dampaknya, dalam hal ini sosial ekonominya,” kata Retno dalam telekonferensi, Jumat, 26 Juni 2020.

 

Tantangan itu dinilai semakin berat karena situasi global sangat dinamis yang ditandai persaingan atau rivalitas negara/kekuatan besar yang semakin meningkat, pesimisme terhadap multilateralisme makin besar dan rule based order makin banyak dilanggar.

 

Untuk itu, Jokowi mengingatkan pentingnya memperkuat kerjasama percepatan pemulihan ekonomi di ASEAN dengan meningkatkan konektivitas baik untuk barang, jasa maupun konektivitas para pelaku ekonomi. Dia mengusulkan agar ASEAN mulai mengatur travel corridor secara bertahap.

 

“Presiden mengatakan hendaknya para pemimpin ASEAN menugaskan para menteri membahas ASEAN Travel Corridor ini,” ujar Retno.

 

Jokowi juga menekankan pentingnya penguatan kerjasama kawasan agar ASEAN tidak menjadi kawasan power projection negara besar. “Presiden RI menyebut, ASEAN harus menjadi subjek dan bukan jadi objek dalam politik global,” ujar Retno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *