Massa di Acara Rizieq Tanpa Jarak dan Tak Semua Bermasker

JAKARTA – Kerumunan warga di acara pernikahan putri pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sekaligus acara Maulid Nabi Muhammad SAW, di Petamburan, Jakarta, Sabtu (14/11), belum menampakkan kepatuhan sepenuhnya pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

 

Dilansir dari CNNIndonesia.com, ratusan warga yang kebanyakan berpakaian serba putih mulai berdatangan ke acara tersebut sejak sore hari.

 

Sebagian dari massa kemudian berkumpul di bawah tenda yang sejajar dengan panggung utama yang sudah disediakan panitia untuk menunaikan Salat Magrib atau beristirahat.

 

Lantaran massa yang datang banyak, mereka pun menunaikan salat dan duduk bersila di lokasi dengan saling berdekatan satu sama lain tanpa sekat dan jarak aman, yakni 1,5 meter.

 

Massa, baik itu orang dewasa maupun anak-anak, yang datang belakangan tampak berdiri mengantre berjubel menuju area dekat panggung utama mencari tempat duduk.

 

Sebagian dari warga yang datang tampak mengenakan masker, namun banyak pula jemaah lainnya yang datang tanpa pelindung area pernafasan dan mulut tersebut atau menurunkannya hingga ke bawah dagu.

 

Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Slamet Maarif sebelumnya mengaku akan menerapkan protokol kesehatan di acara tersebut.

 

“Insyaallah, kami berikhtiar [menjaga protokol kesehatan]. Panitia sudah menyiapkan dan koordinasi dengan kelurahan dan kecamatan untuk terapkan protokol kesehatan,” kata Slamet dikutip dari CNNIndonesia.com, Sabtu (14/11).

 

Dia menyebut rangkaian acara akan dimulai setelah Salat Isya yang dimulai dengan pembacaan Kitab Maulid yang dilanjutkan dengan akad Putri Habib Rizieq, Syarifah Najwa Shihab.

 

“Kalau resepsi kan berlangsung besok sebetulnya. Jadi acara resepsinya sendiri berlangsung besok untuk kawan, keluarga kedua mempelai,” kata dia.

 

Sebelumnya, Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo meminta Gubernur DKI Anies Baswedan menerapkan peraturan daerah (perda) terkait protokol kesehatan di acara Rizieq Shihab.

 

PP Muhammadiyah pun meminta aparat untuk menegakkan aturan terhadap kerumunan massa Rizieq Shihab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *