Ramai Elektabilitas Anjlok, Polling Ini Nyatakan Posisi Anies Teratas dengan 92% Suara

Di tengah ramai membicarakan elektabilitas menurun, Ustaz Haikal Hassan justru menyatakan bahwa Anies Baswedan posisi teratas.

Ustaz Haikal Hassan tengah mengadakan polling pemilihan presiden tahun 2024 lewat akun Twitternya. Hal serupa juga sempat dilakukan oleh pegiat media sosial Jonru Ginting.

Bedanya, Haikal membuat polling Pilpres dari tiga tokoh gubernur ternama di Indonesia, yakni Gubernur DKI Jakarta , Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Kelihatannya 3 gubernur akan bertarung merebut hati rakyat dalam pesta demokrasi 2024. Yuk, starting right now! Tentukan pilihanmu,” tulis Haikal memulai pollingnya di akun Twitter @haikal_hassan, dilihat pada Minggu (7/6).

Dilansir News.politik.com, Tercatat hingga saat ini, hasil polling menunjukkan bahwa menduduki peringkat teratas dengan angka 92%. Di urutan selanjutnya ada Ganjar Pranowo dengan perolehan 4,6%. Sementara Ridwan Kamil berada di posisi terbawah dengan nilai 3,4%.

Unggahan tersebut lantas mendapat sebanyak 1,8 ribu retweet dan 3,7 ribu suka. Para warganet juga tak ketinggalan memberikan tanggapan terhadap gelaran pemilihan online ini. Sosok Anies digadang-gadang akan menjadi orang nomor satu di Indonesia di masa mendatang.

“Pak Anies dong. Semoga nanti jadi pemimpin terpilih negeri ini dan dapat adil serta amanah. Amin,” tutur @SPriyanta1978.

Sementara sebelumnya, Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei soal Pilpres pada Minggu (7/6/2020). Survei ini dilakukan melalui wawancara via sambungan telepon. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar ±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei digelar pada 16-18 Mei 2020 terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada rentang Maret 2018 hingga Maret 2020.

Hasilnya, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di posisi teratas dengan 14,1% suara. Namun, angka ini turun dibanding survei pada Februari 2020 lalu dimana Prabowo meraih suara sebesar 22,2%.

Di posisi kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan raihan suara 11,8%. Elektabilitas Ganjar mengalami kenaikan dari 9,1% di bulan Februari.

Sementara Gubernur DKI Jakarta yang pada bulan Februari berada di posisi kedua dengan perolehan suara 12,1%, kini harus turun ke posisi ketiga karena elektabilitasnya merosot menjadi 10,4%.

Posisi keempat ditempati Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang elektabilitasnya naik signifikan. Di bulan Februari, Ridwan hanya mendapat 3,8% dukungan responden, kini Ridwan meraih suara sebesar 7,7%.

Di posisi kelima ada nama Sandiaga Uno. Seperti halnya Prabowo dan Anies, Sandi juga mengalami penurunan elektabilitas dari survei sebelumnya. Jika di Februari ia meraih dukungan 9,5%, kini mantan cawapres itu hanya mendapat 6,0% suara responden.

Kemudian menyusul di posisi keenam hingga sembilan, ada Agus Harimurti Yudhoyono 4,8% (Februari 6,5%), Khofifah Indar Parawansa 4,3% (Februari 5,7%), M Mahfud Md 3,3% (Februari 3,8%) dan Gatot Nurmantyo 1,7% (Februari 2,2%).

Selanjutnya, di posisi 10-14 ditempati Erick Thohir 1,6% (Februari 1,9%), Puan Maharani 0,8% (Februari 1,4%), Tito Karnavian 0,6% (Februari (0,8%), Budi Gunawan 0,4% (Februari 0,4%) dan Muhaimin Iskandar 0,0% (Februari 0,3%).

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak kepada elektabilitas tokoh-tokoh nasional yang digadang- gadang bakal berkontestasi di Pemilu 2024.

Dalam hal ini Burhanuddin menyebut, kepala daerah memiliki peluang besar menarik perhatian publik dengan kebijakan-kebijakan mereka dalam menangani pandemi Covid-19.

“Covid dapat mengubah peta elektoral karena menjadi lahan kepala daerah menunjukan taringnya,” kata Burhanuddin dalam pemaparan survei secara daring, Minggu (7/6/2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *