Sandiaga Inisiasi Relawan Lawan Covid-19

Jakarta – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno siap membantu pemerintah menyiapkan alat tes untuk mengetahui virus corona COVID-19.

Hal ini disampaikan Sandiaga dalam acara deklarasi Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (22/4/2020).

Menurut Sandiaga, saat ini pihaknya sudah menyiapkan 5.000 alat tes yang bisa segera digunakan.

“Kita akan terus meningkatkan kemampuan testing kita. Ini diperlukan sebagai data bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Rabu (22/4/2020).

Sandiaga menargetkan sebanyak mungkin warga yang bisa dites COVID-19. Sehingga, bisa diketahui tingkat penyebaran virus corona COVID-19.

“Sebanyak-banyaknya dan di sini per hari ini 350, jadi butuh juga rekan media sosialisasi,” ujar Sandiaga.

Menurut Sandiaga, banyak pengusaha yang ingin bergabung dan memberikan sumbangan alat tes corona. Ia pun menjamin, alat tes corona bagi warga akan terus bertambah.

“Beberapa pimpinan dunia usaha ingin berkaloborasi dengan kita dalam testing, diberikan tawaran 50.000 unit testing, ini akan terus bertambah terus,” kata Sandiaga Uno.

Sementara, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan siap mendukung Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. Ia mengatakan bahwa dunia saat ini sedang berhadapan dengan pandemi corona sekaligus krisis dalam bidang kesehatan.

“Ini sebagai wujud kepedulian dan peran serta pemerintah dalam penanganan covid-19. Covid-19 ini sebagai lawan kita bersama. Oleh karenanya dengan bergabungnya komponen kekuatan masyarakat lewat relawan Indonesia bersatu, kita optimistis penanganan terhadap covid-19 akan semakin baik,” kata Budi Gunawan.
Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 ini dideklarasikan di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta pada Rabu (22/4/2020). Sekitar 300 orang turut berbagung sebagai relawan.

Acara deklarasi turut menerapkan protokol kesehatan dari WHO sebagai bentuk pencegahan penularan virus corona COVID-19. Para peserta dan tamu yang hadir turut menjaga jarak dan menggunakan masker selama acara berlangsung.

Selain wilayah Jabodetabek, tim ini juga tersebar di 7 kota lainnya yaitu di Bali, Semarang, Jawa Barat, Makassar, Banten, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Mereka mengikuti jalannya deklarasi secara streaming.

Selain deklarasi, dalam acara ini juga diadakan rapid tes massal di kawasan Wisma Atlet.

“Kita sudah mencatat ada 350 peserta yang melakukan testing dan akan terus bertambah,” kata Sandiaga yang juga Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19.

Selain itu, ada juga pembagian 10.000 paket sembako dan jutaan masker. Kemudian akan dilanjutkan dengan pembagian disinfektan ke seluruh kota di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *